Jumat, 18 Maret 2011

Ujian Praktek TIK kelas IX SMPN 8 Yogyakarta

Soal:

  1. Jelaskan menurut Anda manfaat memiliki sebuah weblog/blog (keuntungan dan kerugian). 
  2. Apa saja yang perlu dipersiapkan pada saat akan membuat blog?Jelaskan secara rinci urutan langkah-langkah membuat blog (boleh blogspot atau wordpress).
  3. Jelaskan beberapa fasilitas yang ada pada sebuah blog (misalnya widget follow).
  4. Buatlah sebuah tulisan pendek mengenai "Kenangan tak terlupakan di SMPN 8 Yogyakarta.
Jawab:
1.   Manfaat sebuah blog menurut yaitu dapat menjadi salah satu media curahan hati yang tentunya bisa dan bersifat terbuka bagi siapa saja yang akan membacanya, juga untuk mengisi waktu luang dengan memposting suatu artikel yang menurut kita patut dibaca, bisa pula menjadi media berbagi hal-hal yang bermanfaat (ilmu) bahkan cerita yang lucu, senang, sedih, menakutkan dengan orang-orang yang mungkin juga akan terhibur dengan postingan kita. Namun, blog juga mempunyai kerugian yaitu lupa waktu karena keasyikan memposting sebuah bahkan berbuah-buah artikel, di sisi lain, juga dapat menimbulkan sebuah presepsi atau pendapat negatif yang tidak menyenangkan apabila kita menuangkan curahan hati kita yang negatif pula.

2.   Langkah-langkah membuat blog yaitu :
a. Harus menyiapkan e-mail (yang belum: buatlah e-mail terlebih dahulu) dan sebuah handphone untuk menerima verifikasi akun yang akan dibuat,
b. Buka blogspot.com, dan klik "get started" lalu isi dengan lengkap data-data yang diminta terutama password dan e-mail,
c. Masukkan nomor handphone anda untuk memverifikasi akun,
d. Apabila sudah terverifikasi, mulailah dengan memberi nama blog yang diinginkan juga menuliskan nama url yang digunakan untuk alamat blog,
e. Blog sudah jadi, isilah biodata dan fitur-fitur yang disediakan blog untuk memperindah penampilan blog anda.

3.   Fasilitas yang ada dalam blog banyak sekali, dari "rancangan" kita dapat menambahkan gadget antara lain:
a. HTML/JavaScript : untuk menambahkan sebuah fitur canggih dari web lainnya misalnya cbox,  penunjuk waktu, dan lainnya.
b. Gambar : untuk menambahkan gambar dari komputer anda atau dari tempat lain di web.
c. Tampilan slide : untuk menambahkan tampilan slide foto ke blog anda.
d. Video : untuk menambahkan klip tampilan dari Youtube dan Google Video untuk disaksikan pembaca tanpa meninggalkan halaman.
e. Terdapat juga gadget unggulan, yang terpopuler, dan gadget-gadget lainnya untuk menambah koleksi dalam blog anda.

4.   Kenangan tak terlupakan di SMPN 8 Yogyakarta
Waaah banyaaak sekali, dari mulai kelas 7, 8, dan 9 pasti ada kenangan tak terlupakan contohnya aku paling suka waktu jalan bareng nongkrong bareng sampe ke kuburan aja tiap hari bareng yaiyalah depan sekolah udah kuburan :B inget waktu sukanya makan di siomay ahihihi, terus ke ugm bareng ngamplas bareng buka bersama bareng huhu :') asik banget deh, dan pas buka bersama bareng paling pualing aku suka, makasih buat iyus rara heksa diana zidny ais.. buat iyus heksa diana zidny makasih ya kadonya bakal tak simpen tapi kenapa malah kayak kupluknya mbah surip he-__- hahaha trus buat rara ais. selamat ya kalian juga ulangtahun sampe digabung kita bertiga :3 ah kalian ngembar-ngembari aku lair di september wolahjan haha padahal yang lair mereka duluan wohoho. i love you so much ceman ceman ^^ juga banyak cerita suka duka yang sempet aku alami bersama sahabat, pacar, teman-teman, guru, kakak kelas, adik kelas, semuanya deh ;)

Annisa Ria Gitanjali
IX-5 / 07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar